Home

Terbersit untuk menuliskan topik mading karena beberapa waktu kemarin dalam workshop dengan anak-anak dampingan kita.  Menyengarkan mereka tentang Mading Sekolah. 

Mading sekolah adalah salah satu kegiatan ekstrakulikuler siswa dalam mengembangkan diri mereka di bidang tulis menulis dan memberikan informasi. Diantara begitu banyak media pemberitaan yang bersifat elektronik, salah satu yang masih eksis di sekolah-sekolah terutama di Sekolah dasar adalah mading ini.  Dalam beberapa observasi selama di sekolah-sekolah selalu ditemukan mading yang kurang diperhatikan dengan baik. ada kalanya isinya sampai satu tahun tidak berubah, ada yang usang karena hujan dan matahari, ada yang isinya adalah puisi semua, lalu ada yang isinya peraturan sekolah. kalau dilihat dari kondisinya seperti ini, sebenarnya keberadaan mading untuk mengembangkan kemampuan anak memang terabaikan. 

Banyak hal berperan dalam keberlangsungan atau keberadaan mading, namun terpenting adalah peran dan dukungan guru di sekolah. Anak-anak tidak dengan sendirinya berinisiatif, harus ada lingkungan yang mendorong mereka untuk berkiprah. Dalam suatu kesempatan bertemu dengan anak-anak, memang pemahaman mereka tentang Mading adalah sebatas menempelkan karya mereka. Nah, jadilah untuk tetap mengembangkan keberadaan mading kita ber-eksplorasi tentang mading dengan mereka.

Mading dalam eksplorasi dengan mereka ternyata harus ada komponen

  • judul mading
  • berita
  • tanggal terbit
  • gambar lucu atau menarik
  • warna-warni
  • ada puisinya

Berdasarkan eksplorasi tersebut, mereka lalu diminta membuat layout Mading sekolah. Awalnya mereka kaget dan takut tidak jadi. Lalu kita jelaskan, bahwa segala yang ada di mading merupakan karya kreasi, gabungan karya sendiri dan  inovasi dari sumber media lain seperti koran. Mereka agak lega. Setelah melihat-lihat koran, mereka juga berkembang inisiatif untuk layout seperti halaman depan koran. Hasil kerja layout tersebut kemudian dipresentasikan dan dicermati kekurangannya. Selanjutnya hasil tersebut yang kemudian menjadi bahan buat anak-anak membuat mading sendiri di sekolahnya. Hasilnya sangat kaya kreasi. Terutama bila team di sekolah tersebut anak-anaknya mampu berkomunikasi team dan berbagi tugas.

Memang, tidak banyak yang bisa dihasilkan dari 2 jam pendampingan membuat mading selain Layout, kita belum bereksplorasi dengan tujuan yang fundamental tentang mading sebagai pemberitaan, apa peran mereka seandaianya menyampaikan berita, apa yang harus dilakukan oleh sebuah tim mading. Workshop kemarin rasanya masih ada yang kurang dan perlu dibenahi lagi. Mudah-mudahan masih ada waktu.

About these ads

3 thoughts on “Mading Sekolah

  1. Tentang Candradimuka 15
    Candradimuka 15 mulai berdiri sejak tahun 2007, dengan tujuan menampilkan “Kids edutainment” untuk menunjang kebutuhan program – program anak yang makin meningkat, tidak hanya di Jabodetabek, tapi juga mencakup kota-kota lain di Indonesia.
    Sebagai perusahan jasa dibidang anak, Candradimuka 15 telah memiliki pengalaman dalam menangani berbagai program anak, baik untuk tujuan komersial maupun sosial. Tujuan utama Candradimuka 15 untuk mencapai sukses di setiap kegiatan yang diadakan adalah karena kreativitas, kecintaan dan kepedulian pada dunia anak, karena itulah untuk mencapai hal tersebut, kami sangat selektif dan peka dalam memilih ide dan materi yang akan kami tampilkan.
    Komitmen Candradimuka 15 untuk selalu mendukung dunia pendidikan anak Indonesia yang cerdas, kreatif, imajinatif dan berkarakter, dibuktikan dengan menggunakan salah satu media utamanya mendongeng sebagai bahasa universal anak pada Program-program Anak yang diadakan Candradimuka 15.
    Sejak awal, kami telah menerima dukungan penuh dari berbagai praktisi, penggiat pendidikan dan media anak. Dengan dukungan berbagai pihak, kami akan terus maju untuk menggelar berbagai program seputar dunia anak dan keluarga.

    Services & Product Candradimuka 15
    …Eksplorasi dan inovasi Ide-ide kreatif Melalui Program Anak yang mendidik, kreatif dan menghibur,adalah komitmen kami Candradimuka 15….
    Kids Program Candradimuka 15
    ¤ Open house ¤ Aniversary ¤ Graduation ¤ Roadshow School to school
    ¤ Kids Competition ¤ Kids Outbond ¤ Field Trip ¤ Others
    KIDS PERFORMANCE Candradimuka 15
    ¤ Operet Performance ¤ Story Telling ¤ Puppet Show
    KIDS KNOWLEDGE Candradimuka 15
    ¤ Seminar ¤ Workshop

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s