Home

Pernahkah kita menemui orang tua kita ketika sudah bersiap akan bepergian tiba-tiba meminta kita menunggu untuk buang air kecil dulu?… atau pernah kita menemui orang tua kita atau kakek nenek kita atau kerabat kita yang usianya lanjut tiba-tiba kekamar mandi dan buang air kecil dengan terburu-buru? …atau yang lebih parah ada yang menemui mereka sedang mengobrok atau mengompol?

Nah, cermati itu sebagai suatu tanda penyakit ketuaan. Seperti sebelumnya saya mengaitkan ini dengna apa itu geriatri. Maka ringkasnya geriatri adalah ilmu penyakit pada  usia lanjut; beberapa penyakit yang dialami oleh mereka yang memasuki usia lanjut salah satunya susah menahan kencing. Bahasa medisnya adalah Urinary Incontinence.  Setidaknya pada usia 65 tahun kejadian ini terjadi pada 1 : 10 orang.

Mengapa hal tersebut terjadi? Ini dikarenakan fungsi ginjal semakin berkurang  dan kandung kemihpun semakin melemah.  Penyebabnya bisa dipicu oleh  :

▪        Infeksi saluran kencing

▪        Infeksi atau iritasi pada vagina

▪        Sembelit atau susah buang air besar

▪        Pengaruh obat-obatan sehingga mengalami masalah buang air kecil secara berlebih

▪        Stress

▪        Terbiasa terburu-buru buang air kecil

Bagaimana mengatasinya?

1.       Senam Kegel – senam untuk melatih otot-otot panggul. Ini merupakan salah satu cara mengatasi penghentian aliran urine atau menahannya. Latihan ini tentunya harus dilakuran secara rutin dan akan menjadikan yang bersangkutan rileks

2.      Biofeedback membantu untuk perhatian terhadap tanda-tanda tubuh sendiri.

3.       Latihan menghindar dari kencing juga dapat membantu mengatasi rasa ingin kencing. Maksudnya, yang bersangkutan mencatat kebiasaan buang air kecil dan merencanakan kapan tepatnya buang air kecil.

Cara ke [2] dan [3] bila dikombinasikan akan membantu mengontrol buang air kecil menjadi lebih terkendali.

Jangan menganggap remeh tanda ketuaan ini karena meskipun bukan penyakit yang  berbahaya secara fisik akan tetapi penyakit ini sebenarnya akan meruntuhkan semangat dan emosi orang tua kita apabila tidak diberi perhatian yang serius.  Mereka akan semakin sensitif dan marah ketika kita tidak memperdulikan mereka dan membuat mereka menjadi lebih menutup diri. Dalam kasus yang serius, apabila dirujuk  ke dokter biasanya dokter akan memberikan obat dan mungkin melakukan operasi.

5 gagasan untuk “Memahami Jenis Penyakit Geriatri – Urinary Incontinence #1

  1. ehm…Urinary Incontinence…
    Wah, kemungkinan aku bisa terkena nih Bu.
    Soalnya dulu aku sempat kena radang kandung kemih, masuk bethesda 3 malem :)
    Tapi aku yakin dg pola hidup dan makan aku yang mulai membaik, insyaALLAH itu bisa dihindari.
    Ditambah, aku mengkonsumsi teh yang aku yakini baik buat tubuh ku… :)

    Thanks infromasinya, sangat berguna :)

  2. terima kasih banyak informasinya. apa kalau menahan kencing nanti ginjalnya bisa infeksi bu. ditambah lagi ginjal saya memang sudah bolong dari lahir apa ngak pengaruh yaaaa ? saya harus menjaga ginjal saya untuk tidak infeksi. minum air putih yang banyak jadi kencingnya memang sering benar

  3. @ sani–kalau menahan kencing, ginjalnya bukan saja infeksi tapi berpotensi batu ginjal atau gagal ginjal disuatu waktu nanti. aku tdk tahu persisnya yang dimaksud ginjal yang bolong. pernah konsul ke dokter belum dengan penyakit bawaanmu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s