Review dengan guru

Apa yang sudah bapak dan ibu guru lakukan pasca pelatihan bulan Januari 2008 lalu? Apakah RKTLnya sudah ditindak lanjuti?

Sudah Mbak, terutama tentang pembiasaaan dengan anak-anak disekolah sudah saya lakukan. Saya juga sudah sosialisasi kepada guru-guru yang lain saat istirahat.  Dengan anak-anak kalau pelajaran olah raga ya saya selipkan pelajaran cara cucitangan, saya ingatkan supaya jangan lupa mandi sebelum sekolah, jangan lupa gosok gigi dan bajunya disetrika.  Cuma ya..susahnya hari ini diingatkan besok lagi sudah lupa tuh anak-anak…gimana caranya supaya anak-anak memperhatikan nasihan guru ya mbak… Anak-anak sekarang itu beda dengan jaman saya dulu.  Sekarang anak-anak lebih sering membantah.

Bagaimana tanggapan guru yang lain dengan cerita bapak atau ibu setelah mengikuti pelatihan tentang pendidikan kesehatan di sekolah?

Mendukung saja sih mbak, tapi mereka beranggapan bahwa tugas pendidikan kesehatan itu tugasnya guru UKS.  Jadi saya merasa jadi berat juga, kok semuanya dibebankan kepada guru UKS saja. Makanya buat saya dengan saya pergi ke pelatihan kayak kemarin saya merasa tugas saya jadi makin banyak.

Masalah kesehatan apa yang dialami di sekolah bapak atau ibu?

Masalah sampah mbak, sekolah itu sekarang jadi tempat sampah plastik. Soalnya anak-anak itu kalau begitu datang sekolah dan sampai pulang sekolah pasti jajan.  Makanan yang disukai mereka adalah makanan yang ada kemasan plastik itu mbak, yang seperti chiki-chikinan.  Belum lagi sampah sunduk cilok. Waduh susah saya untuk melarang anak jajan apalagi melarang penjualnya tidak jualan di sekolah.  Salah satu dari penjualnya kan wali murid mbak.  selain itu berjualan kan hak hidup orang mbak untuk bermata pencaharian. 

-fs.doc

Tinggalkan Balasan

