El Tari – Ingatan tentang NTT

Nama El Tari begitu familiar selama menjelajah pulau Timor di rentang April-Juli 2010, dan perasaan familiar itu berulang kembali pada kali kedua menginjak kaki di propinsi NTT. Sejak menginjakkan kaki di Bandara Udara Kota Kupang, nama bandara tersebut adalah El Tari. Setelah itu, kita akan melintas jalan utama yang membelah kota kupang dari arah bandara ke tengah kota. Jalan dimana di kanan kirinya kantor-kantor pemerintahan dan ditengahnya dibelah pepohonan yang mongering di musim kemarau, jalan tersebut juga disebut jalan El Tari. Di sepanjang jalan tersebut bisa ditemukan mulai terminal bus dari arah soe dan atambua dan  angkutan umum.  Taman nostalgia dan sebuah museum juga terletak di jalan El Tari  Kupang.

Selanjutnya, El Tari juga ditemukan ketika memasuki perkantoran di lingkungan kabupaten Atambua, Kabupaten TTU yaitu kefamenanu dan kabupaten TTS yaitu Soe. Bahkan kalau tidak salah sewaktu ke Rote Ndao, komplek Bappeda juga terletak di Jalan El Tari.

Nah, siapakah El Tari? Ternyata beliau adalah salah satu tokoh nasional, seorang Gubernur Nusa Tenggara Timur pada periode 1966-1978.

Belum banyak referensi yang bisa dikumpulkan tentang sosok beliau, namun namanya mungkin merupakan jejak ingatan bagi saya dalam kali kedua tinggal di NTT.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s